Sabtu, 14 Mei 2011

desa dan kota


PENGERTIAN PEDESAAN DAN PERKOTAAN
MENURUT PARA AHLI
A.    PEDESAAN
     Desa berasal dari bahasa India yakni swadesi = tempat asal, tempat tinggal, negeri asal atau tanah leluhur yang merujuk pada satu kesatuan hidup dengan satu kesatuan norma serta memiliki batasan yang jelas. sedangkan pengertian pedesaan menurut para ahli adalah sebagai berikut:
1.      Ferdinan Tonnies
Desa adalah suatu tempat yang masyarakatnya bersifat gemeinschaft yang saling terikat oleh perasaan dan persatuan yang erat.
2.      PJ Bouman
Desa adalah bentuk kuno dari kehidupan bersama beberapa ribu orang, hampir semuanya saling kenal, hidup bertani, pertanian dan usaha yang dipengaruhi oleh hukum dan kehendak alam, juga terdapat ikatan keluarga yang erat, taat pada tradisi dan kaidah sosial.
3.      Booke
Desa adalah suatu masyarakat yang religious yang terikat oleh tradisi bersama para warga, penanaman makanan yang sedikit banyak mempengaruhi hubungan kebangsaan.
4.      Bintarto
Desa merupakan hasil perpaduan antara kegiatan sekelompok manusia dengan lingkungannya. Hasil perpaduan ini adalah ujud atau kenampakan di muka bumi yang ditimbulkan oleh fisiografis, sosial, ekonomi, politik, dan kultural yang saling berinteraksi, dan saling berhubungan dengan daerah lain.
5.      Siagian
Desa adalah daerah yang berada diluar pusat pemerintahan kota. Implikasinya ada desa yang jauh dari kota dan ada desa yang dekat dari kota.
6.      Sutardjo Kartodikusumo
 Desa adalah suatu kesatuan hukum dimana bertempat tinggal suatu masyarakat pemerintahan tersendiri.

7.      Paul H. Landis
Desa adalah penduduknya berjumlah kurang dari 2500 jiwa dengan cirri-ciri sebagai berikut:
a.       Mempunyai pergaulan hidup yang saling kenal antara satu sama lain
b.      Ada pertalian perasaan yang sama tentang  kesukaan terhadap kebiasaan
c.       Bermata pencarian di sektor agraris yang sangat dipengaruhi oleh alam seperti iklim, keadaan alam, kekayaan alam
Rumusan Pegertian Pedesaan
       Pedesaan adalah  suatu tempat yang bersifat gemeinschaft dimana terdapat ikatan keluarga yang erat, yang terikat dengan tradisi bersama para warga yang merupakan hasil perpaduan antara kelompok manusia dengan lingkungan yang berada di luar pusat pemerintahan kota, dengan jumlah penduduk kurang dari 2500 jiwa yang bermata pencaharian di sektor agraris.

B.     PERKOTAAN
1.      Grunfeld
Kota merupakan pemukiman kepadatan penduduk yang lebih besar dari pada kepadatan wilayah nasional, dengan struktur mata pencaharian non agraris, tata guna tanah atau beraneka ragam dan gedung-gedung  berdiri berdekatan , penduduk tidak bergantung secara lansung dari alam lingkungan (non  farming)
2.      M Saleh Amirudin
Kota adalah apabila ukurannya relative besar, permanen, padat, dan hubungan sosial masyarakatnya heterogen.
3.      Prof. Drs. R. Bintarto
Kota adalah suatu sistem jaringan kehidupan manusia yang ditandai dengan kepadatan penduduk tinggi dan diwarnai dengan strata sosial ekonomi yang heterogen dan materialistis di banding daerah belakangnya atau desa.
4.      Barlow. MH
Kota merupakan suatu tempat tinggal yang mempunyai pengelompokkan, dimana bagian terbesar penduduknya bekerja di bidang non agraris, di daerah ini juga terdapat tempat pelayanan , manufacturing industries, aneka public servies.

5.      Djoko Sujarto
a.       Artian Fisikal
Kota merupakan modal poin dalam suatu wilayah yang luas, yang merupakan konsentrasi penduuk yang padat, bangunan yang di dominasi oleh struktur yang permanen dan kegiatan fungsionalnya.
b.      Administrasi
Kota adalah suatu wilayah dengan batas tertentu yang berada dalam wewenang suatu tingkat pemerintahan tertentu yang berhak mengurus dan mengatur RT.
c.       Fungsional
Kota merupakan pemusatan dari berbagai macam faktor kegiatan yang masing-masing mempunyai sifat ke khususan (spesialisasi) yang tinggi, berperan melayani kebutuhan kota itu dan daerah lainnya.
d.      sosial ekonomi
Kota merupakan suatu daerah yang sumber mata pencahariannya non agraris yang bersifat heterogen.
6.      Hadi Sabari Yunus
a.       Yuridis Administratif
Kota merupakan suatu daerah tertentu dalam wilayah Negara, yang diatur dengan Undang-undang dengan batas-batas adminisrasi tertentu.
b.      Morfologikal
Kota merupakan daerah tertentu dengan karakteristik :
a)      tata guna lahan non agraris, artinya building coverage lebih luas dari pada vegetation coverage
b)      kepadatan penduduk tinggi
c)      pola jaringan jalan yang komplit
c.       Jumlah Penduduk
Dikenal istilah urban population threesold yaitu jumlah penduduk minimum  pada kondisi soial, ekonomi dan kultural tertentu mampu mengakibatkan tmbulnya kenampakan kota dengan fungsi tertentu.
7.      Northam
a)      Under bounded city yaitu sebagian besar batas fisik perkotaan berada jauh diluar batas admonistrasi kota.
b)      over bounded city yaitu sebagian besar batas fisik kekoyaan berada didalam batas administrasi kota.
c)      True bounded city yaitu batas fisik kekotaan berimpit debgan batas administrasi.
8.      Ilham
kota mempunyai dua macam pengertian yaitu
a)      kota sebagai suatu wadah yang mempunyai batasan administratif wilayah, seperti kota madya.
b)      kota sebagai lingkungan kehidupan perkotaan yang mempunyai ciri non agraris yang berfungsi sebagai pusat pemukiman dan pusat pertumbuhan.
9.      Wirth
Kota adalah suatu pemilihan yang cukup besar, padat dan permanen, dihuni oleh orang-orang yang heterogen kedudukan sosialnya.
10.  Max Weber
Kota adalah dimana penuduk setempatnya sebagian besar dapat memenuhi kebutuhan ekonominya di pasar lokal.
11.  Dwigth Sanderson
Kota adalah tempat yang berpenduduk sepluh ribu orang atau lebih.

Rumusan Pegertian Perkotaan
Perkotaan adalah suatu daerah perumahan dengan penduduk yang padat dimana masyarakatnya bersifat heterogen,matrealistis, nonagraris dimana mereka tidak bergantung dengan alam secara langsung dengan pola jaringan jalan yang komplit dengan jumlah penduduk 10.000 jiwa atau lebih dari 10.000 jiwa serta terdapat tempat pelayanan ,industry,berhak mengurus dan mengatur RT sesuai dengan UU dengan batas-batas administrasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar