Senin, 31 Oktober 2011

KBK


Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)

Pendidikan berbasis kompetensi mencangkup kurikulum,pedagogi dan penilaian. Oleh karena itu,pengembangan kurikulum berbasis kompetensi merupakan konsekuensi dari pendidikan berbasis kompetensi.
Komponen materi pokok pembelajaran berbasis kompetensi meliputin :
1.      Kompetensi yang akan dicapai
2.      Strategi penyampaian untuk mencapai kompetensi
3.      Sistem evaluasi atau penilaian yang digunakan untuk menentukan keberhasilan siswa dalam mencapai kompetensi.
Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan perumusan kompetensi yang jelas dan spesifik,antara lain dengan melaksanakan analisis kebutuhan, analisis tugas,analisis kompetensi,penilaianoleh profesi dan pendapat ahli (pakar) bidang studi,pendekatan teoritik,dan telaah buku teks yang relevan dengan materi yang dipelajari.


Kurikulum Berbasis Kompetensi

Implementasi di perguruan tinggi,ada 3 kompetensi :
1.      K.Internal : setiap pendidik memiliki kulitifikasi minimal :
-  Menciptakan budaya pembelajaran berorientasi kompetensi
-  Mendukung efektifitas dan keakurasian penerjemahan kurikulum berbasis kompetensi
2.      Kompetensi dalam artian KONTENS pendidikan : rumusan tentang material dari subjek pendidik yang tersusun secara sistematis,pokok bahasan-indikator-metoda-evaluasi
3.      K.Komunikasi : bagaimana seorang pendidik memberikan kondisi komunikasi edukatif yang menyenangkan.


Pengertian Kompetensi
1.      Kemampuan yang harus di kuasai seseorang
2.      Berupa sesuatu yang dilakukan seseorang
3.      Becker (1977)dan Gordon (1988) : meliputi pengjaran-pemahaman-keterampilan-naluri-sikap dan minat
4.      Mc.Asham : 1981 sesuatu yang tidak berbeda dengan apa yang dikenal ranah tujuan (TIK/TKP) kurikulum 75,84 dan 94,tetapi lebih luas = kompetensi

7 sifat standar kompetensi sekolah
Ø  Dapat digunakan siswa
Ø  Dapat digunakan guru
Ø  Dapat digunakan masyarakat
Ø  Dapat memotivasi belajar siswa
Ø  Mengharuskan peserta didik penting setiap mafal
Ø  Dapat dukungan siswa dan masyarakat
Ø  Bersaing dengan Negara lain


PROSEDUR PENGEMBANGAN KBK

1.      Merumuskan KBK
2.      Menyerap kebutuhan masyarakat / pasar kerja
3.      Penyusunan mapel / alokasi waktu
4.      Pembagian jurusan (Kl II)
5.      Klasifikasi penyusunan kompetensi (kemampuan,keterampilan,sikap,nilai / prilaku)
6.      Urutan materi pelajaran
7.      Penilaian serta berkesinambungan
8.      Pengelompokan siswa / kenaikan kelas
9.      Penilaian disusun indikator penilaian setiap mapel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar